CARA BELAJAR EFEKTIF

belajar merupakan suatu kewajiban bagi kita semua.
sudah menjadi kewajiban kita sebagai umat manusia yang memang sejatinya tercipta sebagai pemimpin di muka bumi ini untuk belajar dari lahir sampai mati.

saat kita memasuki bangku pendidikan, belajar secara formal untuk menuntut ilmu merupakan sebuah rutinitas sehari-hari yang selalu kita jalani demi terwujudnya cita-cita di masa depan. akan tetapi, kadang kala kita lupa dengan kewajiban kita yang satu ini karena disibukan dengan aktivitas lain. dengan kata lain, kita sering kekurangan waktu untuk memaksimalkan proses belajar kita.
jika ini terjadi dalam kehidupan kita, ada baiknya kita pandai-pandai menyiasati waktu yang kita punya untuk belajar secara efektif.

belajar secara efektif merupakan sebuah metode belajar yang mengutamakan hasil yang akan dicapai dari proses belajar tersebut, serta ditunjang dengan proses pelaksanaan yang efisien.
beberapa keuntungan dari belajar efektif ini adalah kita akan lebih cepat mengerti tentang materi yang sedang kita pelajari. selain itu, kita juga dapat menghemat waktu untuk belajar sehingga dapat mengalokasikan kelebihan waktu tersebut untuk mengerjakan hal-hal lain yang juga bermanfaat. dan pada akhirnya kita tidak akan cepat merasa jenuh karena selalu berkutat dengan proses belajar menuntut ilmu.

adapun beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menjalani proses belajar yang efektif antara lain;

1. awali proses belajar dengan niat yang tulus untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat.
2. berdoa agar diberikan kemudahan dalam menyerap ilmu saat belajar.
3. pilihlah cara belajar yang cocok menurut kalian, apakah lebih nyaman belajar sendiri atau belajar kelompok bersama teman.
4. buatlah suasana belajar senyaman mungkin, bisa dengan nyemil, mendengarkan musik, atau memilih keheningan suasana untuk memudahkan berkonsentrasi.
5. rasakan jika belajar adalah sebuah hal yang menyenangkan bagi kita.
6. saat mulai belajar, pahami kerangka umum dari meteri pelajaran tersebut.
7. selalu utamakan memegang konsep, bukan hanya belajar menghafal.
8. buatlah sebuah alur berpikir yang sistematis dari konsep yang telah kita pahami agar tidak mudah lupa dengan mengaitkan antara satu poin dengan poin-poin lainnya.
9. latihan soal agar pemahaman kita akan materi tersebut semakin terasah.
10. bayangkan penerapan ilmu tersebut dalam kehidupan kita sehari-hari.

itulah beberapa cara sederhana bagi kita untuk menciptakan suatu proses belajar yang efektif.
kita dapat pula menambahkan variasi tentang cara belajar kita selama hal yang kita lakukan tersebut dapat membuat kita semakin mudah mempelajari dan memahami sebuah materi pembelajaran.
selain itu, belajarlah pada saat-saat yang menyenangkan dan mendukung. lebih baik untuk belajar selama satu jam saat kondisi tubuh kita prima daripada belajar selama lima jam saat kondisi tubuh kita tidak fit.
yang terakhir adalah bagaimana kita dapat menjaga konsistensi kita dalam belajar. lebih baik jika kita belajar selama dua jam sehari daripada belajar selama delapan setiap tiga hari sekali.