Pantai Batu Hiu Objek Wisata Kabupaten Ciamis.



Batu Hiu Objek Wisata Kabupaten Ciamis.

Terletak di Kabupaten CIAMIS, sekitar 45 menit Pangandaran.
Batu Hiu dengan peninggalannya masih bisa disaksikan berupa batu besar berwarna hitam mirip ikan hiu yang sedang berenang jika laut sedang pasang.
Tempat yang acapkali diziarahi bagi mereka yang ingin menjadi sinden ( penyanyi) beken atau penabuh gamelan kesohor itu berawal dari cerita rakyat Sembah Genter Oder, Sembah Galuh Oder dan Sembah Galunggung Kuning.

Sembah Galunggung Kuning diminta bantuan menangkap ikan untuk lawuh makan mereka bersama lebih dari 60 anggota pasukannya.
Namun, sebelum hasil tangkapannya dimasak, Sembah Galuh Oder menanyakan jenis ikan hasil tangkapan Sembah Galunggung Kuning.
Namun, ikan dengan kulit keras tanpa sisik berwarna kehitaman itu mendadak berubah menjadi batu tatkala Sembah Galunggung Kuning menjawabnya: "Ikan Hiu".

Sejak itu masyarakat menjuluki pantai di daerah itu Pantai Batuhiu.
Batu Hiu berupa bukit karang yang tergerus oleh ombak dan membentuk seperti moncong ikan hiu.
Uniknya di situ banyak tumbuh pohon yang entah apa namanya, akarnya besar seperti pohon bakau dan daunnya seperti daun palem.
Di pinggir tebing kita dapat memandang pemandangan lepas laut selatan dan ombak besar tepat di bawah kita.

Yang suka memancing dapat juga memancing dari atas tebing. Jika sunset pasti suasananya bagus sekali di situ.

Untuk mencapai Batu Hiu bisa start dari Pangandaran, menempuh sekitar 15 km menuju arah Barat (ikuti arah Cijulang),atau ambil shortcut dari Banjar langsung menuju selatan, ke kota Parigi. Ada bus Banjar - Parigi, atau Ciamis - Parigi.
Dari Parigi sudah tidak jauh lagi, sekitar 10 menit perjalanan.
Jalannya mulus dan ada 2 pom bensin di sekitar Parigi.
Ada warung-warung penjual makanan di Batu Hiu.
Untuk penginapan bisa cari sekitar Cijulang, karena tidak jauh dari Green Canyon, atau sekalian di Pangandaran saja karena waktu tempuh hanya sekitar 45 menit.

Bagaimana sob,youk liburan... CIAMIS punya segudang objek wisata yang menunggu untuk di jelajahi...