SEPATAH KATA MUGA BERMAKNA

KISAH WANG ZIPPING,LEGENDA GRAND MASTER WUSHU MUSLIM CINA(1981-1983)

Kisah Wang Zipping, Legenda Grandmaster Wushu Muslim Cina (1881-1973)
Wang Zipping


Seratusdelapanpuluh kilometer dari utara Kota Terlarang (Beijing saat ini), terletak Changzhou, tempat tinggal suku Hui. Hui adalah suku Muslim di Cina. Namun, selain Islam, ada hal yang menjadi kecintaan anggota suku, yakni tradisi seni bela diri.

Sebelum penemuan senjata, Wushu merupakan alat utama pertempuran dan pertahanan diri di Cina. Para pemimpon Hui selalu mendorong anggotanya mempelajari Wushu sebagai 'kebiasaan suci' demi memperkuat disiplin dan keberanian untuk memperjuangkan sekaligus bertahan di tanah mereka.

Saat itu masjid-masjid, bagi suku Hui, bukan hanya tempat untuk beribadah, tapi juga medan latihan bagi grandmaster untuk menempa dasar-dasar Wushu kepada murid-murid yang antusias.

Seperti banyak Hui yang lain, Wang Ziping lahir di tengah keluarga miskin. Ayahnya bekerja sebagai petinju bayaran. Saat masih bocah, Ziping menunjukkan keinginan kuat belajar Wushu. Bela diri ini adalah identitas Hui. Tidak ada Hui--yang saat itu hanya senilai upah garam--akan berani menjalani hidup tanpa "Latihan Delapanbelas Pukulan Pertempuran" dan "Tinju Diagram Delapan" melekat pada tubuh dan pikiran.

Selain Wushu, Hui juga mendalami ajaran Islam. Dengan demikian kehidupan Hui adalah campuran antara buruh miskin, latihan keras dan spiritual mendalam. Kemampuan luar biasa mereka dalam Wushu bukan sesuatu yang datang sekejap mata.

Begitu pula yang dialami Ziping. Di tengah pelajaran mengaji Al Qur'an, Ziping juga harus mengangkat batu berat untuk membangun stamina, kekuatan dan galian parit yang kian lama kiat luas begitu kemampuannya melompat meningkat. Keseimbangan yang baik diasah dengan cara berbahaya. Zipping ditanam dalam tanah.

Saat itu pula Zipping membaca lantunan zikir. Kekuatan dan keseimbangannya pun bertambah berlipat ganda. Konsentrasi yang biasa dilakukan saat shalat sebagai tuntutan dalam Islam menjadi tulang punggung sesolid batu bagi gerakan mengalir Wushu.

Iklim di Changzou cukup sejuk ketika musim panas, namun dingin saat musim salju. Dalam bulan-bulan musim dingin salju jarang turun sehingga memungkina latihan tetap digelar. Zipping berlatih dengan seluruh elemen untuk membuat tangguh tubuhnya. Begitu ia menginjak usia 14 tahun, ia sudah bisa melompat lebih dari 3 meter dari posisi berdiri.

Sayang bocah dengan tubuh setegap pria dewasa dan kualitas petarung itu tak memiliki guru. Ayahnya yang keras kepala menolak memasukkan Zipping ke sekolah Wushu. Setengah putus asa mencari guru dan teman, ia jatuh ke dalam komunitas rahasia yang menyebut diri mereka "Jurus Kebenaran dan Keharmonian".

Akhirnya Wang Zipping memutuskan pergi dan mengembara ke selatan Jinan, di mana ia menjadi musafir yang tinggal di sebuah Masjid Besar. Dalam ruang utama masjid itulah, Zipping bertemu pria seperti dirinya, seorang petinju. Ia bernama Yang Hongxiu, grandmaster Wushu yang akhirnya menjadi gurunya.

Dan Zipping pun dengan serius mulai mempelajari gerakan burung dan mamalia, seperti elang menukik menyambar mangsa, gerakan kelinci melintas padang rumput, hingga lompatan jitu anjing menghindar dari bahaya. Ia menyerap semua karakter gerakan itu kemudian menciptakan gayanya sendiri. Stamina dan refleksnya yang kian berkembang, membuat Zipping tak hanya kuat tetapi juga cepat--sebuah kombinasi mematikan dalam Wushu.

Seorang dianggap Grandmaster ketika ia mampu menggunakan alat apa pun sebagai senjata. Pengembangan kemampuan ini adalah seni sekaligus kebutuhan dalam Wushu. Zipping, menjadi luar biasa fasih dengan semua senjata utama.

Dia sangat mahir terutama dalam melakukan Qinna, yakni teknik sergapan yang dapat mengunci sendi dan otot-otot lawan dalam persiapan melakukan serangan dahsyat; Shuaijiao. Nama yang terakhir itu adalah gaya bertarung tangan kosong yang menggabungkan prinsip Tai Chi, Hard Qigong dan Teknik Meringankan Tubuh.

Ia mendapat pengakuan sebagai seniman bela diri yang utuh. Pada saat bersamaan ia juga pakar dalam trauma tulang. Ia mengombinasikan pengetahuan mendalam dalam Qinna dengan ketrampilang mengatur tulang. Akhirnya ia menemukan sistem penyembuhan untuk cedera Wushu dan olahraga di utara Cina.

Legenda Klasik

Banyak kisah, ada yang asli dan juga sekedar mitos, yang telah disematkan pada sosoknya. Namun yang selalu diulang adalah kisah satu ini.

Selama melakukan praktek pengobatan di Jiaozhou, Jerman ditugaskan untuk membangun rel kereta api dari kawasan itu menuju Jinan. Proyek mercusuar itu adalah harga mahal yang harus dibayar setelah Ratu Ci'xi gagal dalam pemberontakan tinju. Rel dibuat dengan yang tujuan memperluas dan mengkokohkan kontrol Eropa atas daratan Cina.

Reputasi Zipping bukannya tak diketahui oleh Jerman. Lebih cerdas dan berani dari pada koleganya, para Jerman berupaya mempermainkannya. Seorang petinggi militer Jerman bersiasat dengan menempatkan penggilingan batu besar di depan stasiun rel kereta api dan menantang siapa pun untuk mengangkatnya.

Zipping yang tidak pernah bisa tahan dengan penghinaan terhadap orang Cina, secara alami langsung gusar. Seperti yang diharapkan Jerman, Zipping masuk perangkap.

"Bagaimana kalau saya bisa mengangkatnya," tanya Zipping.

"Maka gilingan itu menjadi milikmu," para Jerman menjawab dengan tampang mengolok-olok.

"Bila saya gagal?"

"Maka kamu harus membayar,"

Zipping denga mudah mengangkan gilingan batu itu, meninggalkan para Jerman tercengang-cengang. Seorang warga Amerika yang bekerja sebagai guru fisika di tempat itu, menyaksikan aksi Zipping. Ia pun menantang duel.

Saat berjabat tangan mengawali pertandingan, tiba-tiba si Amerika dengan kuat memegang tangan Zipping dan berupaya membantingnya ke tanah. Zipping secepat kilat menyapukan kaki ke bagian bawah tubuh lawannya dan membuatnya ambruk.

Karena reputasinya, Zipping ditunjuk sebagai kepala Divisi Shaolin di Institut Pusat Seni Bela Diri. Ia juga pernah menjabat wakil presiden Asosiasi Whusu Cina, organisasi Wushu tertinggi di CIna.

Ia memegang banyak gelar dan tanggung jawab, termasuk konsultan sejumlah rumah sakit besar di penjuru Cina. Karirnya sebagai pakar bela diri juga kian menajam setelah ia melakoni banyak duel dengan orang asing. Ia selalu ingin membuktikan bahwa Cina bukan ras inferior.

Meski dalam usia senja, Zipping tak pernah kehilangan kekuatan dan kecepatannya. Pada 1960 ketika ia menjadi pelatih dan direktur grup pelajar Wushu yang menyertai perdana menteri saat itu, Zhou Enlai, melawat ke Burma, ia diminta mendemonstrasikan kemampuannya. Di depan tuan rumah ia menampilkan jurus dengan senjata luar biasa berat, Pedang Naga Hitam. Dengan teknik tinggi, kemampuan dan semangat muda, tak satupun orang berpikir ia telah berkepala delapan





ANAK DEMAM
Anak Demam? Mungkin tak Selalu Perlu 'Ditangani'
Demam pada Anak (Ilustrasi)

Salah satu hal yang membuat orang tua langsung cemas dan takut adalah ketika temperatur anak tiba-tiba meningkat cepat. Tanpa menunggu lama, para orang tua pasti cenderung membawa buah hati mreka ke rumah sakit.

Namun, menurut laporan studi dari Akademi Pediatrik Amerika (AAP) justru menyarankan agar orang tua tak bertindak terlalu cepat. Mereka mengingatkan bahwa demam adalah mekanisme alami tubuh melawan penyakit dan menurunkan demam bisa membuat masa sakit jadi lebih lama. AAP merekomendasikan, orang tua dianjurkan melakukan perawatan khusus jika demam mulai membuat anak mereka merasa tidak nyaman.

"Demam adalah salah satu alasan paling umum yang membuat orang tua membawa mereka ke rumah sakit. Orang tua memang memiliki keprihatinan tinggi, selain itu ada banyak mitos buruk yang mungkin ditimbulkan akibat demam," ujar penulis utama laporan, Dr. Janice Sullivan, guru besar dari klinik pediatrik dan farmakologi dari University of Louisville School of Medicine di Kentucky.

"Kadang orang tua berpikir bila mereka menurunkan demam anak, maka si buah hati akan cepat lebih baik, tapi demam adalah tanda penyakit dan itu adalah cara tubuh untuk memperlambat kerja kuman demi mengusir mereka. Demam adalah salah satu pemicu untuk memproduksi lebih banyak sel darah putih. Jika anda membuat demam turun, maka anak anda bisa jadi tak membuat cukup banyak sel darah putih yang diperlukan untuk melawan infeksi," paparnya.

"Keluarga perlu mengingat bahwa ketika seorang anak mengalami demam, itu adalah gejala, bukan masalah utama. Demam bisa jadi bermanfaat, jadi orang tua perlu melihat dengan seksama apa yang menyebabkan demam, bukan demam itu sendiri," saran Sullivan.

Masih menurut laporan AAP, yang dipubliksikan pada Pediatrik bulan Maret menyarankan alih-alih berkutat pada termometer, orang tua lebih baik memperhatikan perilaku anak untuk memutuskan apakah seharusnya memberi obat penurun demam atau tidak.

"Jika anak anda makan dan minum dengan baik dan masih melakukan beberapa aktivitas--meski tak seaktif di kala normal--dan si bocah terlihat sedikit nyaman, mengapa anda harus menghilangkan mekanisme pertahanan alami tubuhnya? ujar pakar pediatrik, Basil Zitelli, di Rumah Sakit Anak, Pittsburgh.

Namun, begitu si kecil terlihat lesu dan secara umum tak nyaman, maka obat pengurang rasa nyeri dan demam, seperti acetaminofen atau ibuprofen, mungkin bisa digunakan. Tapi, imbuh AAP, tetap berikan obaat sesuai dengan petunjuk dan dosis yang tertera pada kemasan atau konsultasikan dengan dokter sesuai dengan usia dan berat badan si anak.

APP memperingatkan betul kehati-hatian dalam pemberian obat, sebab sangat berisiko dan bisa mengancam nyawa. Pasalnya dalam riset sebelumnya sekitar setengah dari orang tua terbukti tidak memberi dosis tepat kepada anak mereka.

Sullivan juga menekankan agar orang tua tidak memberi obat anti demam orang dewasa kepada anak, bahkan meski tablet tersebut dibagi atau dipecah lebih kecil demi mendapat dosis tepat. "Penting untuk menggunakan obat khusus bagi anak dan sesuai dengan dosis atau alat takar yang disediakan," ujar Sullivan.

AAP juga mengingatkan orang tua agar tidak memberi aspirin karena identik dengan potensi risiko mengancam nyawa, yakni kondisi yang disebut sindrom Reye. AAP juga tak merekomendasikan melakukan kompres dengan alkohol karena terlalu banyak alkohol yang bisa diserap kulit. Secara umum, laporan AAP menyatakan orang tua harus waspada dan mengontak dokter bila terjadi hal berikut.

* Bayi di bawah 3 bulan mengalami demam 38 derajat Celsius atau lebih
* Bayi antara 3 hingga 6 bulan dengan demam 39 derajat Celsius atau lebih
* Anak berusia lebih tua dari 6 bulan dengan demam 39,5 derajat Celsius atau lebih
* Anak kecil dengan demam disertai letih, lesu, sakit kepala, ruam kulit, kesulitan bernafas atau dehidrasi.






TAK INGIN PSIKOLOGI TERGANGGU DAN PRODUKTIFITAS TURUN?HINDARI SENYUM PALSU
Tak Ingin Psikologi Terganggu & Produktivitas Turun? Hindari Senyum Palsu
Senyum Palsu (Ilustrasi)


Waspada bagi anda yang bekerja dibidang jasa seperti perbankan, transportasi publik dan lain. Apa pasal? Setiap karyawan diharuskan memasang 'senyum' di setiap kesempatan tak peduli si karyawan sedang dirudung masalah.

Alhasil kadang pekerja memasang 'senyum palsu'. Rupanya sikap tersebut membuat karyawan justru berisiko mengalami gangguan psikologis dan produktivitas kerja menurun.

Studi terbaru mengungkap pekerja yang memasang senyum palsu pada pekerjaannya menyebabkan suasana hati tertekan. Akibatnya, produktivitas kerja terancam. Bila produktivitas terancam, karir si karyawan diramalkan tidak akan lama alias rentan dirumahkan.

Brent Scott, asisten profesor manajemen, Michigan State University, AS mengatakan pengusaha mungkin hanya berpikir menggaji karyawan untuk tersenyum. Tapi mereka tidak memikirkan efeknya pada karyawannya. "Senyum terpaksa menyebabkan kelelahan emosional yang berakibat buruk bagi organisasi," ungkap dia seperti dikutip Dailymail, pekan lalu

Sebelumnya, Scott bersama koleganya Christopher Barnes mempelajari senyum palsu pada sekelompok supir bus selama dua minggu. Mereka mengamati setiap efek senyum palsu terhadap emosi para supir.

Mereka juga memberikan semacam tindakan kepada para supir guna menumbuhkan emosi positif. "Hasilnya, wanita yang lebih dirugikan lantaran suasana hati mereka jauh lebih buruk ketimbang para pria," kata dia.

Scoot menjelaskan senyum palsu memunculkan konflik antara individu dengan norma budaya yang berujung pada munculnya emosi negatif. Kondisi itu sangat berbahaya bagi perempuan yang boleh dibilang sulit mengontrol perasaan ketimbang para lelaki.

"Bagi anda yang kerap memasang senyum palsu dalam jangka panjang menyebabkan anda seolah merasa kehilangan identitas pribadi,"pungkas dia.

Sayangnya, studi ini tidak menjelaskan secara detail perbedaan psikologis laki-laki dan perempuan ketika memasang senyum palsu pada wajah mereka. Disamping itu, Scoot dan koleganya tidak memberikan solusi untuk menghindari senyum palsu agar efek negatifnya tidak berimbas.






PENYAKIT" ALERGI CINTA"TERNYATA ADA BETULAN,LHO.......
Penyakit
Eksim di sekitar mata Charlotte

Ketika Charlotte Davies bertemu calon suaminya, ada reaksi instan pada tubuhnya. Tepatnya, di kulitnya.

Beberapa minggu setelah pertemuan pertama dengan belahan jiwanya itu, kelopak matanya melepuh dengan eksim di sekitarnya. Tak hanya itu, kulit sekitar matanya juga membengkak seukuran bola golf.

Para ahli menyimpulkan, euforia yang ia rasakan ketika ia bersama pacar, akuntan Dean Strohm, sedang bermain di kulitnya. Dia alergi terhadap cinta. Yang lebih mencengangkan adalah bahwa semua penyakitnya menghilang di hari pernikahannya.

Dean bertemu tiga tahun lalu di sebuah bar di Colchester, Essex, dan keduanya kemudian menjadi pasangan yang tak terpisahkan. Charlotte, yang sebelumnya merasa dirinya bak Bridget Jones - alias tak jua menemukan kekasih - jatuh cinta hebat yang merasa Dean lah pria yang dikirim Tuhan buatnya.

Tiga bulan setelah pertemuan pertama itu, Charlotte, 32 tahun, terbangun untuk menemukan bahwa dia hampir tidak bisa membuka matanya. "Ketika aku begitu jatuh cinta, kulitku bereaksi dengan cara yang begitu mengerikan," katanya.

Dokter berjuang untuk menjelaskan reaksi tiba-tiba dan itu adalah homoeopat yang akhirnya didiagnosis penyebabnya sebagai cinta. Eksim sering disebabkan oleh stres. Dalam kasus Charlotte itu adalah karena cinta.

Dr Ed Seaton, konsultan dermatologis di Royal Free Hospital, London, mengatakan, ada hubungan erat antara kulit dan jiwa. "Stres emosional dan perubahan besar dalam hidup Anda dapat mempengaruhi kadar hormon steroid dalam tubuh dan membuat orang lebih rentan terhadap eksim dan psoriasis," ujarnya.

Namun b agaimanapun, eksim yang diderita Charlotte sebagai sesuatu yang luar biasa. "Kami belum pernah menemukan kasus cinta memicu eksim. Itu akan sangat luar biasa," katanya.

Desember lalu, pasangan ini menikah. Dean menyatakan, dengan atau tanpa mata panda -- istilahnya untuk eksem mata Charlotte -- ia akan tetap mencintainya. Dan berangsur-angsur setelah itu, eksim Charlotte membaik dan kini sembuh total. Untunglah.







BEGINI CARA MEMUSNAHKAN BAKTERI ENTEROBACTER SAKAZAKII

Begini Cara Memusnahkan Bakteri enterobacter Sakazakii
Bayi dan susu formula

Dokter Spesialis Mikrobiologi Klinik yang juga ketua Perhimpunan Ahli Mikrobiologi Klinik Indonesia (PAMKI), Prof Dr dr Sam Soeharto SpMK, mengatakan bakteri jenis enterobacter sakazakii tidak berbahaya jika dikonsumsi. Dalam dunia kedokteran, katanya, sangat jarang teridentifikasi bakteri jenis tersebut sebagai penyebab infeksi. �Sehingga keberadaannya tak perlu diresahkan,� kata Sam di Gedung Rektorat Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Sabtu (19/2).

Meski sebelumnya terdapat kasus seseorang mengalami gangguan kesehatan akibat dalam tubuhnya terkandung enterobacter sakazakii, namun itu lebih karena daya tahan tubuhnya lemah. �Bakteri enterobacter sakazakii dalam kadar tertentu aman dikonsumsi,� ujar Sam.

Menurut Sam, jika masyarakat masih takut mengonsumsi susu formula caranya mudah agar enterobacter sakazakii benar-benar tak mengganggu pencernaan dalam tubuh. Cukup dicampur air dengan suhu minimal 70 derajat Celcius maka dengan sendirinya bakteri tersebut akan mati. �Cukup mudah. Jadi jangan mencampurnya dengan air dingin.�

Sam menjelaskan, bakteri tak selalu jahat bagi tubuh. Malah dalam tubuh terkandung banyak bakteri yang dibutuhkan untuk melindungi organ dalam dari berbagai kuman penyakit. Enterobacter sakazii sendiri dengan mudah ditemukan pada usus manusia dan hewan.

�Bakteri itu tidak identik dengan penyakit. Begitu juga dengan enterobacter sakazakii bisa diterima oleh tubuh. Masalah itu harus diketahui masyarakat,� kata kata Guru Besar Spesialis Mikrobiologi Unair Surabaya tersebut







HIV/AIDS DAN DIABET DAPAT DIDETEKSI LEWAT RONGGA MULUT
HIV/AIDS dan Diabetes Dapat Dideteksi Lewat Rongga Mulut
Diabetes

Guru Besar Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Prof Dr drg Diah Savitri MSi Sp.PM menyatakan HIV/AIDS, diabetes, hepatitis, herpes, ginjal, dan penyakit sistemik lainnya dapat dideteksi lewat rongga mulut. "Tidak banyak orang yang tahu bahwa rongga mulut dapat menjadi indikator adanya penyakit sistemik yang diderita seseorang," kata guru besar bidang Ilmu Penyakit Mulut itu di Surabaya, Kamis.

Ia mengemukakan hal itu didampingi dua rekan sejawatnya yang sama-sama dikukuhkan pada 19 Februari yakni Prof Dr drh Nunuk Dyah Retno Lastuti MS (FK) dan Prof Dr Bambang Tjahjadi SE MBA Ak (FE). "Dokter penyakit mulut selama ini tidak dilirik masyarakat, karena masyarakat cenderung kepada dokter gigi atau dokter umum, padahal dokter penyakit mulut itu dapat mendeteksi gejala penyakit sistemik, sehingga dapat dicegah lebih dini," katanya.

Menurut Guru Besar ke-401 Unair itu, gejala penyakit sistemik itu dapat dideteksi pada rongga mulut lewat tanda-tanda seperti sariawan yang tidak sembuh selama 14 hari, bercak putih, gigi bergoyang, dan sejenisnya. "Tapi, indikasi yang tampak itu harus dibuktikan terlebih dulu lewat pemeriksaan rongga mulut secara intensif, termasuk dengan dukungan bagian lain seperti bagian penyakit dalam," katanya.

Ia mencontohkan gigi bergoyang dalam usia masih muda seperti 20 atau 25 tahun, maka gejala itu merupakan indikasi penderitanya mengalami "diabetes mellitus" (penyakit kencing manis). "Diabetes Mellitus juga dapat diindikasikan dengan mulut terasa kering, panas, atau terbakar," kata guru besar yang akan menyampaikan pidato pengukuhan berjudul "Ilmu Penyakit Mulut (Oral Medicine) sebagai Jembatan yang Memfasilitasi Ilmu Kedokteran Gigi dan Kedokteran" itu.

Contoh lain, sariawan yang tidak sembuh lebih dari 14 hari, maka penderitanya terindikasi pengguna narkoba jarum suntik, tapi bisa juga karena gejala hormonal atau stres. "Karena itu indikasi awal itu masih harus diikuti dengan pemeriksaan rongga mulut, sehingga indikasi itu terdeteksi dan akhirnya dapat diantisipasi," katanya.

Untuk gejala penyakit HIV/AIDS, indikasi yang dapat dideteksi pada rongga mulut adalah luka spesifik pada gusi. "Selasa (22/2), kami akan membuka pemeriksaan gigi dan mulut untuk pasien HIV/AIDS," katanya.

Contoh lain lagi adalah indikasi herpes yang dapat diketahui pada bintik-bintik yang menggumpal (melenting) pada rongga mulut, sedangkan bercak putih pada rongga mulut bisa mengindikasikan sel ganas.







RAMBUT RONTOK BISA JADI PERTANDA PENYAKIT KANKER PROSTAT?

Rambut Rontok Bisa Jadi Pertanda Kanker Prostat?
Botak. Ilustrasi

Pria dengan kanker prostat mungkin dua kali lebih mungkin telah mulai menunjukkan tanda-tanda kebotakan pada usia 20-an tahun daripada mereka tanpa kanker prostat. Demikian sebuah studi di Prancis baru-baru ini menunjukkan.

Berita bagusnya, mereka yang rambutnya rontok di usia 20-an, kalaupun menghadapi risiko kanker, tidak mengalaminya pada usia dini. "Mereka tidak mengembangkan tumor agresif," tim peneliti mencatat.

Apakah mereka yang rontok rambut di usia 20-an tahun perlu test kanker prostat, studi ini tidak memberikan anjuran jelas. "Saat ini, tidak ada bukti kuat untuk menunjukkan manfaat dari skrining populasi umum untuk kanker prostat," kata penulis studi Dr Philippe Giraud, dari European Georges Pompidou Hospital di Paris, dalam siaran pers yang dikirim European Society for Medical Oncology. "Kita perlu cara mengidentifikasi orang-orang yang beresiko tinggi mengembangkan penyakit."

Memperhatikan bahwa androgen yang terkait dengan rambut rontok juga terkait dengan kanker prostat, ia dan para peneliti lain menyebutkan perlunya studi lebih lanjut untuk melihat apakah intervensi yang mungkin cocok untuk pria dengan botak sangat awal.

"Dokter perlu tahu yang bisa ditargetkan untuk penyaringan dan juga dipertimbangkan untuk kemo pencegahan dengan menggunakan obat anti-androgen seperti finasteride," kata Giraud.

Giraud, yang juga seorang profesor onkologi radiasi di Paris Descartes University, mencatat bahwa pola kebotakan laki-laki (androgenic alopecia) adalah sangat umum, mempengaruhi sekitar separuh dari semua pria di beberapa titik dalam hidup mereka. Sebelumnya hal ini dikaitkan dengan konversi testosteron menjadi hormon androgen, dan androgen juga telah sebelumnya terlibat dalam pertumbuhan kanker prostat.

Finasteride - digunakan untuk mengobati kebotakan - adalah obat yang juga telah menunjukkan untuk menurunkan kejadian kanker prostat.

Untuk mengeksplorasi hubungan yang mungkin antara pola botak dan kanker prostat, tim peneliti menghabiskan lebih dari dua tahun menganalisa perkembangan penyakit dan pola rambut rontok pada 388 pria dengan kanker prostat. Sebanyak 281 pria sehat terdaftar dalam studi untuk perbandingan.


Orang-orang itu didiagnosis antara usia 46 dan 84. Mulai tahun 2004, para peneliti meminta mereka untuk menunjukkan apakah mereka pernah mengalami kebotakan sebelumnya.

Tim peneliti menemukan bahwa 37 dari pasien kanker prostat (dan 14 dari pria sehat) telah mengalami beberapa bentuk rambut rontok di usia 20, mulai dari garis rambut mundur ke belakang hingga menyebabkan botak di bagian atas kepala, atau kombinasi keduanya.

Segala bentuk rambut rontok di usia 20 dikaitkan dengan dua kali lipat risiko kanker prostat, para penulis penelitian melaporkan. Tim peneliti memperingatkan, bagaimanapun, bahwa masih terlalu dini untuk menyimpulkan bahwa kebotakan dan kanker prostat, pada kenyataannya, terkait.






HATI HATI...MINUMAN BERENERGI BAHAYA BAGI ANAK ANAK DAN REMAJA
Hati-hati...Minuman Berenergi Bahaya bagi Anak-anak dan Remaja
Larangan minum minuman berenergi mulai dikampanyekan di AS

Minuman berenergi (energy drink) membahayakan anak-anak dan sebagian remaja jika dikonsumsi berlebihan. Demikian peringatan dari sebuah studi yang dilakukan oleh para dokter Amerika serikat. Mereka mengatakan, anak-anak tidak seharusnya mengonsumsi produk minuman yang populer itu.

Bahaya potensial, kata mereka, adalah akibat terlalu banyak kafein atau zat serupa itu. Akibat buruk yang ditimbulkan, mulai dari jantung berdebar-debar, kejang, stroke, bahkan hingga kematian mendadak. Hasil penelitian itu dituangkan di jurnal kedokteran Pediatrics.

Di AS, minuman berenergi mulai menelan korban. Dakota Sailor, 18 tahun , siswa sebuah sekolah di Carl Junction, mengalami kejang dan dirawat di rumah sakit. ia diketahui selama lima hari berturut-turut mengonsumsi minuman beregergi merek tertentu yang beredar luas di AS.

Laporan itu mengatakan beberapa merek memiliki empat sampai lima kali lebih banyak kafein daripada soda dalam satu kalengnya.

Penulis laporan meminta para dokter anak untuk secara rutin mengingatkan pasien dan orang tua mereka tentang penggunaan minuman energi dan untuk menyarankan untuk meminumnya.

Diperkenalkan lebih dari 20 tahun yang lalu, minuman energi mencatatkan pertumbuhan tercepat pasar minuman AS. Tahun 2011 penjualan diharapkan angka penjualannya di atas 9 miliar dolar AS, kata laporan itu. Ini mengutip penelitian menunjukkan bahwa sekitar sepertiga dari remaja dan dewasa muda secara teratur mengkonsumsi minuman energi. Namun, sangat sedikit penelitian tentang risiko dari penggunaan jangka panjang dan efeknya bagi anak-anak - terutama mereka dengan kondisi medis yang dapat meningkatkan bahaya, kata laporan itu.







PRIA MASA KINI RAWAN CEDERA PUNGGUNG , KOK BISA?
Pria Masa Kini Rawan Cedera Punggung, Kok Bisa?
Ilustrasi

Waspada bagi anda pria yang terbiasa dengan kehidupan modern. Apa pasal?bawaan keperluan pribadi secara berlebihan ketika berjalan-jalan meningkatkan resiko cedera punggung serius.

Hasil riset terbaru Asosiasi Pakar Sistem Saraf Inggris (BCA) mengungkap sebagian pria modern terlalu banyak membawa keperluan pribadi dalam perjalanan seperti laptop, tablet PC, ponsel dan kit gym. Disebutkan pula rata-rata pria perkotaan saat ini kerap membawa tas seberat 6.5 kg atau setara dengan 12 kantong gula.

Akibatnya bisa diprediksi, dua pertiga dari pria modern banyak menderita sakit punggung. Kondisi itu akan semakin parah bila kebiasaan itu diperpanjang.

"Isi tas yang dibawa pria sekarang ini lebih banyak keperluan sehari-hari mereka. Itu memang penting tapi kebiasaan itu dapat menyebabkan nyeri punggung dan bahu. Kebiasaan itu juga memberikan pengaruh dengan perubahan postur," papar Tim Hutchful, peneliti dari BCA seperti dikutip dari Dailymail, Selasa (15/2).

Menurutnya, penting bagi seorang pria secara cerdas menyiasati agar tas tidak berisik barang-barang keperluan pribadi terlalu banyak. Siasat itu akan membantu mengurangi beban pada tubuh."Bukankah seharusnya pria hanya membawa dompet atau kunci saja," kata dia.

Hucthful menambahkan kalau memang hal itu tidak dimungkinkan pihaknya menyarankan untuk mencari tas yang senyaman mungkin. Usahakan, saran dia, agar tidak terlalu lama membebani tubuh dengan memberi jeda sejenak.






AWAS!TERLALU GILA BEKERJA BIKIN EMOSI TAK STABIL

Awas! Terlalu Gila Bekerja Bikin Emosi tak Stabil
George Griffing, M.D, profesor pengobatan internal dari Saint Louis University, Filipina menjelaskan, menurutnya banyak orang membiarkan hidupnya tidak sehat karena mengejar target atau pekerjaan lain. Tanpa disadari akan memicu tekanan psikis yang bisa membahayakan kesehatan.

Mau tahu penyebab anda dalam tekanan psikis?

Berikut adalah hal-hal serius yang bisa mengganggu kesehatan kita. Bukan hanya sekedar kesehatan fisik saja tetapi juga akan mempengaruhi psikologi. Ketika seseorang menjadi workaholic, ada 6 masalah yang akan dialami.

1. Lupa bersantai

Stres karena frekuensi pekerjaan bisa membuat seseorang termotivasi untuk tetap bekerja. Tetapi bila berlarut-larut seseorang bisa lupa bagaimana caranya memanjakan diri. Keadaan stres bisa memicu emosi yang tidak stabil.

2. Tidak bisa menikmati makan

Orang yang gila kerja selualu berpikir menikmati makan pada tempatnya sangat membuang waktu. Namun makan didepan komputer juga tidak bisa dinikmati.

3. Kurang tidur
Waktu tidur normal adalah 8 jam. Orang yang gila kerja cenderung memiliki sedikit waktu tidur. Kurang tidur bisa mengurangi konsentrasi dan membuat emosi tidak stabil.

4. Bekerja saat sakit.

Dalam keadaan sakit pun akan tetap bekerja padahal stamina sangat berpengaruh pada produktifitas.

5. Minum kopi berlebih

Konsumsi kopi berlebih bisa memicu resiko serangan jantung, gangguan pencernaan, kecanduan dan penuaan dini. Karenanya Kecerdasan emosional, spritual dan intelektual dalam kehidupan mutlak diperlukan, kekurangan satu diantara ketiga faktor tersebut akan mengganggu interaksi anda secara sehat, baik fisik, psikis maupun spiritual.






YUK...."DOPPING"UMUR DENGAN BANYAK MAKAN MAKANAN BERSERAT
 Yuk...
Roti gandum banyak mengandung serat


Makanlah lebih banyak serat dan Anda bisa hidup lebih lama.

Itu pesan dari studi terbesar untuk menemukan hubungan antara diet tinggi serat dan risiko kematian yang lebih rendah. Diet ini tidak hanya dari penyakit jantung, tetapi mereka yang menderita penyakit menular dan pernapasan juga.

Penelitian yang didanai pemerintah Amerika Serikat ini juga meneropong hubungan serat dengan resiko lebih rendah dari kematian akibat kanker pada pria. Di negeri itu, laki-laki lebih mungkin untuk meninggal akibat kanker yang berhubungan dengan diet, seperti kanker kerongkongan. Studi menemukan manfaat diet tinggi serat dari biji-bijian terhadap kesehatan secara umum.

Sebagian besar Amerika tidak mendapatkan cukup serat dalam makanan mereka. Amerika rata-rata hanya makan sekitar 15 g serat setiap hari, jauh lebih sedikit daripada rekomendasi harian saat ini 25g bagi perempuan dan 38g untuk pria, atau 14g per 1.000 kalori. Sebagai contoh, sepotong roti gandum berisi 2 sampai 4 gram serat.

Dalam studi baru itu, orang-orang yang memenuhi pedoman kurang kemungkinan untuk meninggal selama masa tindak lanjut sembilan tahun. Para pria dan wanita yang makan jumlah serat tertinggi adalah 22 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mati dari setiap penyebab dibandingkan dengan mereka yang makan dalam jumlah terendah, kata pemimpin peneliti, Yikyung Park dari National Cancer Institute.

Penelitian yang dipublikasi dalam Archives of Internal Medicine ini melibatkan lebih dari 388 orang orang dewasa, usia 50 hingga 71 tahun. Mereka adalah responden yang berpartisipasi dalam studi makanan dan kesehatan dilakukan oleh Institut Kesehatan Nasional dan AARP.






NGILU GIGI SENSITIF?ADA KOK CARA MENGATASINYA
Ngilu Gigi Sensitif? Ada Kok Cara Mengatasinya
Gigi Sensitif (Ilustrasi)

Satu sengatan pada syaraf gigi setelah menggigit makanan konon cukup untuk menghentikan, bahkan seekor beruang kelaparan lari dari dapur. Jangan sepelekan gigi sensitif.

Pasalanya gigi yang sensitif, secara serius bisa membatasi kenikmatan anda menikmati makanan. Jadi, bila saat es krim bertemu gigi anda mampu membuat anda melihat 'bintang-bintang', itu berarti permukaan gigi anda--disebut dentin--telah terekspos.

Menurut guru besar kedoketeran gigi dari UCLA, Eric Sung, hal itu terjadi ketika pelapis keras yang menutupi gigi--yakni enamel ( pelapis bagian gigi di ats gusi) dan sementum (pelapis akar gigi)--terkikis.

Kondisi itu membuat pori mikroskopik pada dentin terpapar dan akhirnya membuat zat pemicu menuju pada syaraf gigi. Bila itu terjadi, begitu anda menggigit makanan yang panas, dingin, manis atau asam, rasa ngilu pun langsung timbul.

Apakah penyebab gigi sensitif? Ada sejumlah faktor utama menurut Sung. Gusi kendur hingga membentuk ceruk adalah salah satu pemicu.

Gusi kadang turun dan lepas dari gigi serta menampilkan bagian permukaan akar. Biasanya itu terjadi akibat penyakit disebabkan akumulasi plak atau karang gigi di sepanjang garis gusi. "Ketika bakteri mengeluarkan racun maka gusi terinfeksi sehingga menyusut," papar Sung.

"Kebiasaan mengerat-ngeratkan gigi juga dapat membuat flek pada gigi dan pecahan yang akhirnya menciptakan takikan di dentin di garis gusi. Itu disebut abrafraksi," imbuh Sung. "Bila anda kerap menggesekkan gigi saat tidur, disarankan untuk menggunakan pelindung gigi saat tidur demi melindungi gigi."

Mengosok gigi terlalu kuat dengan sikat gigi berbulu kasar, atau sikat gigi lama dapat juga menyebabkan abfraksi. Pastikan untuk menyikat gigi dengan lembut dan perlahan dengan sikat gigi berbulu halus. Saran Sung, ganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali meski ia belum tampak buruk. Penyebab lain yakni pemutih gigi yang juga memperkuat idiom "kecantikan ialah penderitaan. Zat pemutih ternyata berpotensi mengikis enamel pada gigi. Pertimbangkan lagi bagi anda yang ingin memutihkan gigi, jangan sampai keinginan cantik membuat gigi anda merugi.

Lantas seberapa sensitif gigi bisa dibilang terlalu sensitif? Sung menyebutkan beberapa gejala utama. "Bila ngilu hanya terjadi beberapa detik, maka itu bukan masalah besar," ujarnya.

Namun bila gigi anda begitu sensitif terhadap makanan panas, minuman atau bila rasa ngilu menetap lebih dari satu menit, atau mudah terjadi spontan, maka Sung menyarankan untuk segera melakukan konsultasi dengan dokter gigi.

Bukan berarti gigi sensitif tak bisa diobati. Ada beberapa tip yang ditawarkan oleh Sung untuk memperkuat gigi sensitif.

Gunakan pasta gigi untuk gigi sensitif. Pasta gigi yang khusus dibuat untuk gigi jenis ini mengandung potasium nitrat atau strontium klorida yang akan membantu menyumbat pori-pori dentin dan mencegah stimulus ngilu--seperti minuman dingin-- menjangkau syaraf.

Tapi anda perlu bersabar. Jangan berharap hasil cepat. Paling tidak butuh dua atau tiga pekan untuk merasakan efek dari pasta gigi tersebut.

Ganti tambalan gigi--penambal gigi dari bahan perak atau amalgam adalah insulator buruk. Timbul masalah khusus bila ia masuk ke dalam, analoginya seperti menggunakan anting logam ketika di luar membeku.

"Jika tambalan gigi anda terasa sensitif tiap saat, pergilah ke dokter gigi," saran Sung. Tambalan baru atau tipe materi penambal yang berbeda bisa menghentikan rasa ngilu.

Gunakan pelindung--Dentin yang terpapar berarti jalan bebas hambatan menuju syaraf. Tanya dokter gigi anda mengenai perisai tepat yang cocok bagi gigi anda dengan pilihan berbagai pelapis--seperti fluorida--yang secara efektif terbukti mengurangi kesensitifitasan.