PARAHYANGAN BUMI PARA DEWA.


Didorong oleh penasaran kepada parahyangan.saya berniat jalan-jalan di AKI GOOGLE untuk mencari info-infonya nemu deh postingan dari postingnya kang MEPOW Nah ini dia rangkuman dari artikelnya.?
Parahyangan atau Priangan adalah daerah Sunda di Jawa Barat yang luasnya mencakup wilayah Ciamis, Tasikmalaya, Garut , Sumedang, Cimahi, Bandung, dan Cianjur.
Pada masa pemerintahan HINDIA BELANDA(1808-1942)parahiyangan merupakan daerah dengan status KARESIDENANdengan ibukota nya di CIANJUR.namun pada tahun 1864 ibu kota di pindahkan ke BANDUNG.
Pada awal tahun 1900-an parahiyangan terdiri dari 6 kabupaten yaitu:CIANJUR,BANDUNG,LIMBANGAN,SUMEDANG,SUKAPURA(TASIK)GALUH(CIAMIS)

Priangan atau Parahyangan sering diartikan sebagai tempat para rahyang atau hyang. Tempat yang sangat indah bagi pecinta wisata alam.oleh karena parahiyangan terdiri dari dataran rendah,bukit-bukit indah dan rangkaian pegunungan yang elok memagarinya.dilengkapi dengan banyaknya sungai-sungai yang menyusuri.dan tidak lupa juga pantai-pantai nya yang landai,beserta pasir putih yang menghampar.
Nah untuk makanan khas parahiyangan mempunyai beberapa makanan khas unggulan antaranya; tahu sumedang,dodol garut,tutug oncom di TASIK,galendo di CIAMIS. yang sayang untuk di lewatkan.

Priangan saat ini merupakan salah satu wilayah Propinsi Jawa Barat yang mencakup Kabupaten Cianjur, Bandung, Sumedang, Garut, Tasikmalaya, dan Ciamis, yang luasnya mencapai sekitar seperenam pulau Jawa (kurang lebih 21. 524 km persegi).
Bagian utara Priangan berbatasan dengan Karawang, Purwakarta, Subang dan Indramayu;
sebelah selatan dengan Majalengka, Kuningan; dengan Jawa Tengah di
sebelah timur dibatasi oleh sungai Citanduy;
di barat berbatasan dengan Bogor dan Sukabumi,
sedangkan di selatan berhadapan dengan Samudera Indonesia.

Kesimpulanya priangan adalah tempat yang benar indah dan sayang untuk di lewatkan.silakan anda memberi penilaian.